Kamis, 15 Mei 2008

Perbedaan Membuat Kita Menyatu

Perbedaan kerap menjadi kambing hitam ketika sepasang kekasih bercerai, ketika sebuah partai politik pecah, ketika sebuah organisasi bubar dan lainya. Perbedaan seolah membuat segalanya menjadi tidak indah. berakhir dengan duka dan dendam. Menghancurkan kenangan yang telah dirakit bersama dalam waktu yang sangat cepat dan menghapusnya dari ingatan.
Padahal sebuah rumah yang kokoh atau istana yang megah terdiri dari bahan - bahan bangunan yang berbeda. Ada batu - batu kali, batu bata, kerikil, pasir, semen, kayu, genteng, paku dan bahan bangunan yang justeru berbeda dari sisi kekuatan maupun ukuranya.
Pelangi indah yang melengkung apik pun tersusun dari warna - warna yang berbeda. Ada warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dengan gradasi yang tertata harmonis.
Lihat juga lukisan - lukisan yang indah. Ia tidak berdiri sendiri. Ada garis, lengkung, lingkaran yang berbeda ukuranya dan saling berpadu menghasilkan makna.
Perhatikanlah apapun yang ada disekitarmu. Maka kau akan melihat betapa mereka ada dari perbedaan. Betapa perbedaan itu menghasilkan sesuatu yang indah nan membahagiakan.
Pada istana megah yang indah, kau melihat batu - batu kali itu mengikhlaskan dirinya untuk terpendam didalam tanah dan menjadi pondasi bagi bangunan diatasnya. Begitu juga dengan dinding yang harus menyangga bangunan dan genteng yang menjadi tameng dari terik panas dan guyuran hujan.
Belajarlah pula dari sebuahpohon. Berasal dari biji yang sama. Kemudian dari biji tersebut ada yang muncul ke atas permukaan menjadi batang, daun dan buah atau bunga. Ada yang menembus kedasar bumi yang gelap menjadi akar yang kokoh.
Tidak semua kita harus terlihat diatas permukaan. Dilihat banyak orang. Dipuji banyak orang. Menjadi buah bibir dimana- mana. Harus ada yang menjadi akar. Tersembunyi dari penglihatan manusia. Bahkan semakin tersembunyi, semakin mendekat kepada air.
Maka jika kita telah bersepakat bersatu. maka perbedaan harus membuat kita menyatu. Perbedaan harus menjadi jalan bagi kita untuk menghadirkan kebahagiaan. Menganugerahkan senyuman kepada dunia. Dan menjadi sumber kedamaian. Jadilah yang terbaik dimanapun posisi kita. Entah sebagai atasan maupun bawahan. Entah sebagai suami maupun istri. Entah sebagai jenderal maupun prajurit.

untuk Seseorang: Smoga perbedaan membuat kita menyatu.

3 komentar:

infogue mengatakan...

artikel di blog ini bagus dan berguna bagi pembaca di seluruh Indonesia.anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca.telah tersedia plugin/widget.kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.salam blogger!!!

http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/perbedaan_membuat_kita_menyatu

smadake mengatakan...

Kesanggupan menerima perbedaan adalah ciri kedewasaan. ya...dewasa itu bijaksana. mungkin belum bisa berkata bangsa ini telah dewasa, karena kita melihat di mana - mana perbedaan selalu memunculkan masalah. walaupun bangsa kita sudah tua. telah lama kita merdeka, juga seabad moment kebangkitan bangsa itu diperingati, moment di mana bangsa ini dulu menyadari untuk bersatu dan meleburkan segala perbedaan agar menjadi sebuah kekuatan besar, namun kenapa kita sekarang begini, kita yang salah belajar atau pendahulu kita lupa mewariskan nilai - nilai itu ?
ana sepakat dengan tulisan ini.
dan berharap siapapun yang membaca akan tergugah hatinya...
semoga membawa kebaikan !

Anonim mengatakan...

Perbedaan dapat teratasi ketika kita mau terbuka dan saling mengerti. ... mungkin hampir semua orang setuju dengan konsep ini, tapi apakah kita sudah mampu mengatasi perbedaan itu..
Apakah kita sudah cukup terbuka dan mau mengerti dengan adanya perbedaan?
terbuka pada diri kita sendiri, mengerti pada diri kita sendiri,
bahwa Aku dan Kamu serta Mereka memang berbeda,
dan tidak akan pernah sama.
Sehingga kita tidak akan merasa "lain", karena Aku dan Kamu memang berbeda.. dan mereka juga berbeda...

 

blogger templates | Make Money Online