Minggu, 30 Maret 2008

Ayoo Belajar

"Semua orang adalah guru, semua tempat adalah sekolah"

Kata - kata ini saya dapatkan saat mata saya merekam setiap sudut kamar seorang kawan yang baru saya kenal. Dan dari coretan kecil didinding itulah saya medapatkan ilmu baru. Sobat, kamu bisa menangkap kan betapa luar biasanya kata - kata itu. Kata - kata diatas adalah rumus sederhana berikutnya untuk menuju tempat tertinggi di ruang kehidupan ini.
Betapa banyak orang gagal dalam kehidupan ini dikarenakan matanya keliru menangkap peristiwa. Dan kekeliruan mata ini disebabkan paradigma berpikirnya yang keliru sehingga ia tidak mampu mendapatkan anugerah pelajaran yang Allah hamparkan di seluruh semesta. Rasulullah mengisyaratkannya lewat sebuah hadis tentang sombong. Sombong didefinisikan oleh Kanjeng Rasul dengan dua hal: pertama, menolak kebenaran. kedua, menganggap rendah orang lain. Dua isyarat inilah yang menjadi pangkal kebodohan manusia.
Semua orang adalah guru. Sederhana bukan. Kita sesungguhnya sangat bisa mendapatkan pelajaran dari siapapun. Dari yang usianya lebih muda dari kita, dari yang usianya lebih tua dari kita atau dari teman sebaya. Pelajaran juga bisa kita dapatkan dari orang yang pendidikanya dibawah kita, diatas kita atau yang sedang menempuh jenjang pendidikan yang sama dengan kita. Pelajaran juga bisa kita dapatkan dari yang gajinya dibawah kita, diatas kita atau sama dengan gaji kita. Intinya, pelajaran sesungguhnya bisa kita dapatkan dari siapapun karena setiap orang berpotensi menjadi guru kita. Kuncinya, jangan menolak kebenaran dan jangan menganggap rendah orang lain.
Rumus kedua yaitu semua tempat adalah sekolah. Bukankah sangat menakjubkan. Betapa sekolah kita sesungguhnya sangat luas. Sejauh mata memandang. Tanpa batas. Tidak perlu seragam, tidak perlu spp. Tidak ada jam masuk dan tidak ada jam pulang. Sesukamu saja. Syaratnya hanya jangan menolak kebenaran dan jangan menganggap rendah orang lain. wow, betapa luarbiasanya kita jika mampu memenuhi dua syarat yang Rasul isyaratkan.
Allah SWT, Sang Maha Pemilik Ilmu, juga telah memberikan arahan agar kita kita mampu menjadi orang cerdas didunia ini. .. dalam sabdanya DIA memberikan gambaran tentang para cerdik cendekia... alladziina yadzkurunallah qiyamaw waquudaw. wa yatafakkaruuna fii holqis samaawaati wal ard. rabbana ma kholakta hadza baathiila, subhanaka faqina adzaabannar... yaitu orang - orang yang berdzikir kepada Allah baik dalam keadaan berdiri maupun berbaring. Dan senantiasa memikirkan ciptaan Allah dilangit dan dibumi dan berkata "Rabb, tidak ada yang sia - sia dari apa - apa yang telah ENGKAU ciptakan. Maha Suci Engkau. Jauhkan kami dari siksa api neraka.
Luarrrrr Biasa, betapa sudah sangat lengkapnya rumus yang kita butuhkan untuk menjadi orang cerdas didunia ini. Menjadi seorang pembelajar sampai mati sebagaimana yang disabdakan Rasul.. Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat... belajar dimanapun dan kapanpun.
Semoga kita semua menjadi generasi pembelajar dengan segala fasilitas yang kita miliki saat ini. Kita sediakan sekolah sebanyak mungkin, seluas mungkin. Bukan sekedar sekolah yang berupa gedung - gedung, tapi seluruh tempat didalam kehidupan ini . Kita jadikan diri kita sebagai guru dan juga murid sepanjang hayat.. Jayalah Indonesia. Ayooo Belajar!!

Kang Zoel
Pendiri "Rumah Idaman" . Rumahnya para pembelajar berlokasi di Kampung Kubangawan, Serang, Banten.
kalo mau berpartisipasi dalam memajukan anak bangsa, silahkan menghubungi 081555679808


Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online