Rabu, 18 Juni 2008

Sopir Taksi

Mas'an... nama itu begitu berarti dalam detik kehidupan saya menjalani kuliah S2 di UI. ia salah satu sopir taksi yang mengantarkan saya menuju kampus salemba tempat saya menuntut ilmu. ada banyak sopir taksi yang memberi ilmu kepada saya dalam perjalanan menuju kos atau menuju kampus, Pa Mas'an salah satu yang menjadi guru saya.
Salamnya begitu khas. Karenanya ia selalu ku ingat. ia satu - satunya sopir taksi yang pernah saya dapati memberi salam indah "Assalammualaikum" ketika saya masuk maupun keluar dari mobil. Dalam obrolan dia bercerita tentang kehidupannya sebagai sopir taksi yang telah dilakoninya nyaris sebaya dengan usia saya. Dan dalam perjalanan itu, saya khusyuk mendengarkan ceritanya. Tentang berbagai episode kehidupan yang pernah ia lalui terutama saat ia bercerita tentang anaknya yang seorang kolonel.yup, seorang kolonel dari seorang sopir taksi. Memang bukan seorang jenderal tapi buat saya itu adalah sesuatu yang sangat hebat karena dia mempersiapkan anaknya.
Dia menuturkan kalau sejak kecil dia melihat anaknya sangat mudah menerima pelajaran dan sering bertanya tentang banyak hal. Dari situlah dia bertekad untuk berkorban semaksimal mungkin agar anaknya mendapatkan pendidikan setinggi - tingginya.
Saya salut dengan tekadnya untuk mencetak anaknya melebih dirinya. Mungkin sama dengan tekad puluhan, ribuan bahkan jutaan orangtua dimuka bumi ini. Namun apakah tekad itu juga dimiliki oleh segenap pemimpin yang kini bertebaran dipanggung politik atau dipanggung - panggung lainnya?
Seorang guru saya yang lain menegaskan bahwa pemimpin besar adalah mereka yang mampu melahirkan pemimpin besar lainnya. Dan saya kira pemimpin bernama Muhammad absolut sebagai pemimpin besar karena sentuhannya melahirkan Abu Bakar dan yang lainnya.
Dan kini, jika kita adalah pemimpin hari ini, apakah kita telah memastikan bahwa dibelakang kita telah siap calon pemimpin yang kebesaranya melebihi kebesaran kita.
Dan kini, jika kita adalah prajurit hari ini, apakah kita telah memastikan bahwa kedepan kita telah siap menjadi calon pemimpin yang kebesarannya melebih kebesaran pemimpin kita hari ini. Wallahu 'alam bi shawab


Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online